Rekomendasi Baju Menyusui

Waktu hamil, seiring dengan membesarnya kandungan, saya mulai cari-cari baju yang agak gombrang. Yang biasanya ukuran M jadi ukuran L atau XL. Tapi modelnya masih suka-suka karena belum menyusui. Deket-deket melahirkan saya baru mulai nyari yang bukaan depan (kancing atau zipper) dan coba beli satu baju khusus menyusui (bukaan langsung di kedua sisi- side openings). Setelah melahirkan, dengan frekuensi menyusu bayi yang tinggi banget, ternyata baju bukaan depan itu ribet, kelamaan bukainnya keburu anaknya ngamuk. Sementara yang khusus menyusui praktis banget.

Berdasarkan pengalaman tersebut, saya mau share beberapa brand lokal baju khusus menyusui (maternity/nursing wear) dan breastfeeding-friendly yang semakin banyak bermunculan di Indonesia akhir-akhir ini. Ibu-ibu yang baru punya anak sekarang jadi semakin dimudahkan beraktivitas bersama bayi dengan pilihan baju menyusui yang lebih bervariasi untuk segala acara.

Awal-awal baru melahirkan, baju khusus menyusui dengan bukaan langsung di kedua sisi (tanpa zipper) benar-benar sangat membantu saya. Saat bayi mulai bisa diajak pergi-pergi kemana-mana, baju model gini masih jadi pilihan utama saya tapi karena sekarang banyak kantor dan mall sudah menyediakan ruang menyusui, kadang-saya pakai baju bukaan depan (kancing atau zipper) yang kemudian ditutupi dengan nursing cover saat menyusui. Saat bayi mulai agak gede dan pola menyusuinya sudah lebih teratur, asal ada nursing cover saya sudah tenang, ngga ribet lagi mikirin pake baju apa, mulai model sesuka hati lagi karena saya bisa ngatur dan nyari tempat yang enak saat waktu menyusui anak sudah tiba.

Berikut brand-brand lokal baju khusus menyusui (maternity/nursing clothes) dan breastfeeding-friendly yang pernah saya coba atau sekedar tahu:

NyoNya Nursing Wear dan MamiBelle Nursing Wear

Ini brand pertama yang saya tahu karena owner-nya 2 orang temen kuliah saya dulu. Saya kurang tahu bedanya apa sampai dibikin 2 brand tapi yang jelas semua bajunya jenis bukaan langsung di kedua sisi (side openings). Baju menyusui pertama yang saya beli dari sini dan saya suka bangeet, praktis, bahannya enak dan masih awet bagus sampai sekarang. Harga normalnya rata-rata > 200 ribuan. Variasinya banyak, mulai dari manset, kaos, blus, celana sampai yang lebih luxe-nya, dress buat kondangan. Sayang, lingkar lengannya terlalu pas buat saya yang berlengan besar. Tapi model-model terbarunya sepertinya lengannya agak lebih longgar.

Website: Nyonya Nursing Wear, Mamibelle Nursing Wear

Instagram: @nyonya_nursingwear, @nyonya_catalog, @nyonyaluxe_maternity, @mamibelle_nursingwear

Mommina Nursing Cloth

Model bajunya casual, banyak model batik, kualitasnya bagus dan harganya di kisaran 150ribuan. Lingkar kepalanya agak kecil sehingga masuknya harus sedikit dipaksa. Tapi saya suka banget pakenya karena keliatan kaya baju maen, sampe belel saking seringnya dipake, hehe.. dan yang penting harganya lebih murah.

Instagram: @mommina_nursingcloth

Dua itu aja yang pernah saya coba produknya. Selanjutnya yang saya tahu:

  • Instagram: @emeno_nursing, @emeno_catalog -> bajunya simpel dan casual, harganya di kisaran 200ribuan. Banyak model yang saya suka tapi belum pernah nyoba karena selalu udah sold out, hiks.
  • Instagram: @elmomiree –> bajunya simpel, cerah, banyak model yang pasangan sama anak. Belum pernah nyoba karena rata-rata modelnya lengan pendek atau 3/4.

Sebenernya ada lagi brand baju menyusui lain yang pernah saya coba, tapi menurut saya ini lebih ke kategori breastfeeding-friendly karena model bajunya rata-rata bukan yang side openings tapi kancing atau zipper.

Selanjutnya adalah brand-brand baju wanita secara umum yang sering mengeluarkan model-model breastfeeding-friendly. Akhir-akhir ini saya lebih sering beli baju dari brand-brand ini karena harga baju khusus menyusui mahal buat standar saya dan yang ini memberikan alternatif lebih murah (<200 ribuan).

  • Instagram: @roshandmom
  • Website: Vanilla Hijab, Instagram: @vanillahijab
  • Website: Raisa Cloth, Instagram: @raisacloth
  • Instagram: @gonegani
  • Instagram: @qamari.id

Yang perlu diingat, karena semua brand di atas rata-rata memasarkan lewat Instagram dan produksinya terbatas, ibu-ibu sekalian kalau mau cari baju khusus menyusui atau breastfeeding-friendly harus siap-siap rebutan sama ibu-ibu atau remaja-remaja lain. Harus rajin mantengin feed Instagram, Instagram Story, dll karena disitu dikasih tau model-model baju terbaru, kapan bisa mulai pesan, gimana caranya, dsb. Jangan berharap banyak dan buru-buru membayangkan dipasangin pake kerudung yang mana dulu karena belum tentu kebagian, hehe.. (Pengalaman banget).

Saya yang sekarang sedang tinggal di Amerika sampai bela-belain beberapa kali begadang (Indonesia-Amerika beda 12 jam) buat kirim format order dan nunggu balesan, demi nyari baju menyusui murah. Karena disini rata-rata harganya > USD 20 (atau 250 ribuan ke atas) padahal modelnya biasa aja. Ukurannya juga agak tricky karena bule-bule kan hamil atau abis melahirkan juga rata-rata tetap tinggi- langsing sementara saya nyari model petite and loose sehingga saya kurang yakin mau beli baju menyusui disini. Jadinya saya mantengin Instagram brand-brand baju menyusui di Indonesia, pesen dan bayar sendiri pake mobile banking, dikirim ke rumah orangtua, terus minta dikirimin kesini deh. Ga masalah nyampe berbulan-bulan juga, hahaha…

Yah, begitulah sharing saya tentang baju-baju menyusui. Kalau ibu-ibu ada rekomendasi lain bisa di-share juga yah.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s