waspada ah!!

setelah sekitar sebulan lalu saya kecurian laptop, di kosan sekarang jadi lebih waspada dan siaga coz jelaaas ga ada yang mau kecurian lagi. dan kalo diliat2 juga makin kesini keadaannya ko malah semakin membahayakan, nakutin.pintu pager ga diselot bentar, banyak yang ga dikenal keluar masuk. bukan cuma ke kosan aku, tapi juga ke rumah atas, tempat ibu kos dan anak2nya tinggal. anak ibu kosan pernah cerita juga, sampe pernah ada katanya 2 cowok yang tiba2 udah di dalem rumah gara2 ga diselot dan ternyata jualan bubuk abate!! ih!! makanya dia minta semua pager dan pintu diselot walaupun di rumah lagi rame.

dan ternyata yang mencurigakan emang makin berdatangan aja.

beberapa hari yang lalu, waktu aku sama anak2 kosan lagi ngumpul di depan tipi, tiba2 kita denger ada yang ngebuka pager trus ngetok pintu. aku langsung deg2an, masi trauma.

niken secara otomatis nanya dari dalem, “siapa yaa? mo nyari sapa??”

sang tamu tak dikenal yang ternyata cowok itu trus ngejawab, “mo silaturahmi” dan di belakangnya kedengeran suara cowok satu lagi batuk2 mencurigakan.

buset!! aku makin deg2an. gilaa, ketauan banget kan ini boongnya. mo ketemu sapa pula dia ga ngerti.

“kalo ada cowoknya suruh keluar aja” cowok itu bilang lagi. sementara cowok yang satu lagi batuknya makin parah mencurigakannya. aku yang duduk di depan tipi makin deg2an sambil berdoa semoga 2 orang itu cepet pergi dan kita aman2 aja disini.

niken secara reflek jawab, “oh, ga ada cowoknya ni disini”

“oh ya udah”, trus 2 orang itu langsung pergi. dan niken baru sadar harusnya tadi jangan terlalu jujur, hihi..

ih, anjoy, serem abiss. keliatan banget kalo mau berbuat buruk. hati2 ya teman2. kalo untuk keselamatan diri sendiri dan teman2 mah boong ga papa ah. white lie kalo orang inggris bilang.

mbak2 yang nyuci2 di kosan juga pernah cerita katanya harus hati2. sekarang di sekitaran dago lagi rame pocong keliling. kirain teh semacam jasa gitu, kaya puskesmas keliling. taunya mistis2 gitu lah. katanya kalo malem, tu pocong bakal keliling nyari rumah yang pintunya coklat trus ngjanjiin duit 50 juta+mobil kalo ada yang mau ngebukain tali pocongnya. sebenernya itu pocong orang yang kerasukan gitu. orang yang ngebuka pintu bakal gantian dirasukin sama pocong itu trus keliling lagi nyari mangsa. kemaren yang di curug dago si katanya udah ketangkep gitu sama orang pinter.

walaupun takut, tapi saya masi mikir juga. pocong ko tau duit sama mobil yah? jangan2 ini modus pencurian yang baru. ato kalo ceritanya kaya gitu si, modus bagi2 hadiah baru tapi mistis abis. ah, pokonya hati2 ya semua. jangan ragu2 melakukan tindakan yang kira2 bisa mengamankan rumah ato kosan dan diri sendiri serta teman2 kosannya.

Advertisements

to wear it or not

“Dan katakanlah kepada wanita-wanita yang beriman: ’Hendaklah mereka menahan pandangannya dan memelihara kemaluannya dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya kecuali yang biasa nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan khumur (Ind: jilbab)nya ke dadanya…’”( QS. Annur:31)

“Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu, dan istri-istri orang-orang mukmin: ‘Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.’ Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal dan oleh karenanya mereka tidak diganggu. Dan ALLAH SWT Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al-Ahzab: 59).

it’s clear from these 2 surat that wearing jilbab is a must for moslem girl.

——

i’ve been wearing jilbab since i graduate from high school. i started to wear it because of my friends. i thought this jilbab can protect me from some bad things and make me a better one than the one i was.

time goes by and it turned out that wearing jilbab is hard. you have to wear it all the time, not letting man seeing un-jilbab you. any man, except some man in your family like your father or brother. i think that is the first difficulties for newbie-jilbab girl coz you’re not used to wear this wherever you go and whenever. i, myself, realize that i haven’t wear it all the time. if i’m home or at my grandparents’ home, i usually don’t wear it wherever i go or whenever coz everybody there has already know the un-jilbab me. still, that can’t be an excuse for me for not wearing it appropriately.

wearing jilbab is also give you more responsibility to act good and calmly. you have to be yourself but you also have to have a good attitude. coz the image of jilbab girl is always good, have to be good if i say so.

but actually, being good and wearing jilbab is 2 different things, even though if you wear it you have to be good, too. there is a generalization that a jilbab girl has a good attitude. so, if you wear jilbab but you do something unappropriate for a girl like you in public, people around you will think like this, “this girl, wearing jilbab but smoking (for example). so unappropriate.” it doesn’t fit the image of jilbab girl.

then, what should we do? wearing jilbab first then having a good attitude than today or having a good attitude first then wearing jilbab? i say, change to a better you could be done at the same time with you wearing jilbab.

the right way of wearing jilbab should lead you to the better you. if doesn’t, the one making mistake is you, not the jilbab. by wearing jilbab, you also have to dress properly, not showing some part of your body clearly, mingle with some good friends so they can lead you the right things, and any other.

one simple question i can’t even answer ’til now is “if wearing jilbab is a must, then why do many moslem girls not wearing it??”

some people will answer, ” that depends on people itself. if she hasn’t ready yet, then she mustn’t wearing it. if she wear it but her attitude is bad, then it will just worsening the image of jilbab.”

then some will ask further, “but wearing jilbab is a must. Allah say it in Al Qur’an. there couldn’t be any excuses for not obeying it. it means, whether you are ready or not, you have to wear it.”

the other will still answer, ” it’s better not to wear it first if  you haven’t got yourself a good attitude. it’s better not to wear it first than take it off after wearing it for some times.”

but logically, wearing jilbab is actually very good for your health. it can protect you from ultraviolet light and any other things. so, why not?

i don’t think my thought itself could be enough to answer this question. maybe in some part i’m right or even wrong. i think this post from my friend’s blog could help us understanding all of this more clearly :

http://ridwansyahyusuf.blogspot.com/2008/02/sepuluh-alasan-untuk-tidak-memakai.html

http://theaegis.wordpress.com/2008/08/07/kepribadian-jilbab-2-pelajaran-dari-kampus-ciwalk/

http://theaegis.wordpress.com/2008/08/07/kepribadian-jilbab-1/

you could share your thought about jilbab too here. i’d like to know what you all think about this.

i’m not saying that i am the one with the best attitude, also i’m not saying that i am the one better than anybody so i can write this or in some part judging. i tried hard to see this as neutral as i can.

kenapa ya?

abis pulang les jam setengah 9 malem tadi saya nyari makan di simpang. waktu lagi nunggu pesenan, eh ada bapak2 ngemis sambil gendong anaknya. bapaknya keliatan masi sehat dan bugar, tapi raut mukanya keliatan lesu. *emang harus gitu kali ya kalo jadi pengemis* saya langsung menolak dengan halus ketika bapak itu menyodorkan tangan ke arah saya.

saya termasuk orang yang pilih2 kalo ngasi duit ke pengemis ataupun pengamen. biasanya saya liat dulu keadaan orangnya. kalo masi seger dan muda saya ga pernah mau ngasi. kalo anak2 kecil juga saya ga pernah mau ngasi. duit itu toh ujung2nya bukan buat mengeluarkan mereka dari jurang ‘minta-minta’ tapi buat bos pengemisnya. lagian kalo dikasi duit, mereka bakal makin betah tinggal dan minta2 di jalanan soalnya gampang dapet duit. ya buat apa sekolah kalo hanya dengan nyanyi2 sumbang pake kecrek2 aja sehari bisa dapet duit banyak? kalo yang ngamen nyanyinya jelek banget tapi tampangnya nyeremin dan saya duduk di depan pintu atau sendirian di angkot *berdua ama supir maksudnya* , saya pasti langsung ngasi. takut ih. kalo ini untuk alasan keselamatan.

saya mikir aja, emang ga ada jalan laen buat dapet duit yang bener ya selain dengan cara itu? bukan maksud saya menggampangkan cari duit, tapi ko sampe pada mau merendahkan diri minta2. bukan maksud saya merasa lebih kaya jadi bisa gaya ngejudge2 tapi ko ga beneer gitu. dosen saya pernah cerita, orang2 yang udah biasa tinggal di jalanan susah banget buat diubah mindset nya coz mereka udah tau cara instan buat bisa hidup. tapi oke lah ya, kalo pengemis2 gini yang dipikirin ya gimana bisa makan hari ini, mereka ga bakal mikir ntar kalo udah gede pengen jadi apa. pikiran mereka sampe ke sana tapi karena keadaan mereka yang serba terbatas makanya mereka dipaksa ga mikirin tentang itu karena ada hal2 yang lebih mendesak untuk dipikirkan ataupun dilakukan. tapi mungkin ga adil juga kalo saya ngejudge2 gini, coz keadaan saya beda sama mereka.

bukannya saya membela pengemis atau pengamen buat tetep ngemis atau ngamen, tapi jadi mikir juga. tiap weekend, di perempatan2 jalan2 utama di bandung pasti rame sama pengamen2 yang cari duit, bukan untuk hidup atau makan hari ini, tapi buat acara besar di kampusnya, mahasiswa2 universitas ternama, itb, unpad dsb.

mahasiswa cari danus lewat ngamen?? saya agak kontra sama hal ini. bukannya saya secara personal bisa cari danus lebih baek dan lebih banyak lewat cara laen tapi seenggaknya kita mahasiswa gitu. kuliah di universitas yang bagus itu seharusnya buat kita punya value2 tertentu yang bisa bantu kita menyelesaikan masalah dalam hidup ataupun kehidupan berorganisasi di kampus. kreatif, inovatif, inisiatif. dengan cara laen yang lebih pinter dan mendidik kita bisa mikirin cara cari danus yang bisa dapet profit juga benefit. pembelajaran. *ceilah, sok bener ni tulisannya, hahaha*

walaupun di awal menentang, tapi sebenernya saya selalu ngasi duit ke pengamen yang mempersembahkan lagu dalam bahasa inggris, haha.. meskipun dalam hati saya ngebatin-ngoreksi lirik yang mereka nyanyikan, *abis pronouncenya berantakan, gaya*, tapi saya jadi bangga aja, walaupun ngamen tapi tetep bisa bahasa inggris *loh? jangan2 saya bos pengamennya*

What’s your favourite song??

yang paling bikin saya sebel dari ilangnya laptop adalah ilangnya lagu2 seru hasil donlotan baru2 ini yang belom sempet dipindahin ke hardisk gara2 penuh. huh 😦 i just can’t live without music.

eh, bagi2 lagu favorit yuk. these are some of my favourites. for any reason. the lyrics, the melody or the memories. you can share it too here 🙂

1. Daft Punk – Digital Love

2. John Mayer – Not Myself

3. Boyz II Men – Just My Imagination (Running Away with Me)

4. Michael Buble – Everything

5. Corinne Bailey Rae – Put Your Records On

6. India Arie feat. Music Soulchild – Chocolate High

7. Travis – J. Smith

8. Lily Allen – The Fear

9. Jonas Brothers – Burnin’ Up

10. Miley Cyrus – Goodbye

11. Babyface – Reason for Breathing

12. The Darkness – I Believe in A Thing Called Love

13. The Cranberries – Linger

14. Sore- Pergi Tanpa Pesan

15. Sherina – Jagoan

16. Ryan Cabrera – Say

17. Mulan Jameela – Wonder Woman

18. Jesse McCartney – Second Star to The Right

19. Twentyfirst Night – Mungkin

20. Rocket Rockers – Hari Untukmu

21. Carly Smithson (American Idol) – Without You *versi yang dia nyanyiin keren*

22. Westlife – Try Again

ini lagu bagus2, hehe.. inilah selerakuuuu!!! cek aja di youtube kalo pengen denger. ntar diapdet lagi ah. mo meriksain playlist winamp dulu, hehe…